Press "Enter" to skip to content

Bus Trans Patriot Beroperasi Di Bekasi Mulai Minggu, Ini Rutenya

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi, Jawa Barat, menjadwalkan operasional perdana angkutan umum massal bus Trans Patriot pada Minggu, 17 Desember 2017.

“Ada sembilan armada kendaraan jenis bus 3/4 yang akan beroperasi pada hari itu dengan menyasar sejumlah trayek,” kata Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Deded Kusmayadi, di Bekasi, Kamis, 14 Desember 2017.

Untuk tahap awal, kata dia, akan dibuka dua trayek perlintasan Trans Patriot yang seluruhnya bermuara ke Terminal Induk Kota Bekasi di Jalan Cut Meutia, Bekasi Timur.

Trayek pertama menyasar kawasan Harapan Indah-Terminal Bekasi menyusuri Jalan Sultan Agung-Jalan Ir H Djuanda, sedangkan trayek kedua Kecamatan Pondok Gede-Terminal Bekasi melintasi Jalan Pekayon-Pondokgede.

Dikatakan Deded, sepanjang jalur lintasan tersebut tengah disiapkan 19 shelter pemberhentian kendaraan untuk naik dan turun penumpang.

“Akan ada 19 shelter Trans Patriot yang saat ini masih dalam tahap pengerjaan, sudah ada beberapa shelter yang terbentuk seperti di Jalan Ahmad Yani,” kata Deded.

Ia menambahkan, Trans Patriot merupakan produk transportasi umum Kota Bekasi yang akan dikembangkan secara berkelanjutan untuk mengatasi kemacetan. Menurutnya, Trans Patriot bisa menjadi salah satu solusi efektif untuk menarik minat masyarakat Kota Bekasi beralih ke transportasi umum.

“Beberapa tahun belakangan, minat masyarakat menggunakan angkutan perkotaan (angkot) menurun karena ada beberapa faktor. Misalnya, soal kenyamanan, keamanan dan ketepatan waktu,” katanya.