Press "Enter" to skip to content

Aktor Senior Tio Pakusadewo Tertangkap Tangan Konsumsi Narkoba

Aktor senior Tio Pakusadewo diciduk Reserse Narkoba Polda Metro Jaya atas penggunaan dan kepemilikan narkoba. Tio ditangkap saat berada di kediamannya di kawasan Ampera, Jakarta Selatan, Kamis (21/12) malam.

Bintang film “Surat Dari Praha” itu kedapatan mengonsumsi narkoba jenis sabu. Sabu sisa pakai Tio kemudian diamankan polisi untuk dijadikan barang bukti. Tak hanya itu, polisi juga mengamankan sebuah cangklong yang ditemukan di dalam jaket pria 54 tahun tersebut.

Kronologi Penangkapan Tio Pakusadewo

Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya AKBP Dony Alexander mengatakan bahwa Tio telah lama diintai oleh polisi sejak lama. Pasalnya, polisi mendapatkan informasi bahwa Tio adalah pecandu narkoba dan sudah lama mengonsumsi obat-obatan terlarang.

“Yang bersangkutan memang sudah kami intai sejak lama,” tutur Dony. “Sebab kami dapat informasi bahwa yang bersangkutan adalah pecandu narkotika.”

Artor bernama lengkap Irwan Susetyo Pakusadewo itu bersikap kooperatif saat polisi menggerebek rumahnya. Tio menyerahkan sabu yang dipakainya kepada polisi.

“Begitu kita datangi rumahnya kita tanya baik-baik yang bersangkutan juga kooperatif,” papar Dony. “Ada barbuk 1 gram sabu sisa pakai dan juga cangklong yang kami temukan di saku jaketnya.”

“Yang bersangkutan mengakui salah dan ketika geledah ditemukan cangklong di saku jaketnya,” lanjut Dony. “Kemudian kita tanya lagi apakah masih ada barbuk (barang bukti) lainnya, yang bersangkutan menunjukkan sabu sisa pakai.”

Hasil pemeriksaan urine Tio dinyatakan positif mengonsumsi narkoba. Meskipun begitu, Tio memberi alasan kepada polisi bahwa dirinya menggunakan obat-obatan terlarang itu untuk meredakan rasa nyeri di kakinya.

“Langsung kami bawa. Tes urine-nya juga positif sabu,” ucap Dony. “Alasannya karena sakit kakinya pernah dioperasi.”

Sebelumnya, Tio memang mengalami kecelakaan motor pada Juli lalu. Akibatnya, kaki sebelah kanan Tio luka parah sehingga harus dipasang pen hingga sempat memakai kursi roda beberapa waktu untuk memulihkan kondisi kakinya.

Tio Pakusadewo Aktor Kawakan

Tio Pakusadewo lahir pada 2 September 1963, Tio dikenal sebagai aktor kawakan yang telah memulai karier di dunia perfilman sejak lebih dari dua dekade lalu.

Namun, ia baru mulai dikenal publik usai berperan dalam film Cinta dalam Sepotong Roti arahan Garin Nugroho pada 1990. Aktor yang masih kerabat dekan Kadipaten Pakualaman ini dikenal sebagai bintang film muda penuh talenta kala itu.

Bukti talentanya semakin bersinar ketika meraih Piala Citra di Festival Film Indonesia pada 1991 atas perannya sebagai komponis idealis dalam film Lagu Untuk Seruni (1991).

Setelah menggapai kegemilangan karier, Tio justru terjebak dalam berbagai masalah pribadi dan narkoba pada pertengahan dekade 90-an. Hal ini membuat kariernya tenggelam.

Tio sempat muncul kembali ke dunia perfilman pada 2004 melalui film Virgin. Sejak saat itu, Tio makin sering muncul di dunia perfilman melalui Berbagi Suami (2006), Quickie Express (2007), Lastri (2008), Pintu Terlarang (2009).

Ia pun meraih kembali Piala Citra untuk Aktor Terbaik pada Festival Film Indonesia 2009 atas perannya di film Identitas.

Tio Pakusadewo

Pun ia bermain dalam film Surat dari Praha (2016) bersama Julie Estelle. Film tersebut menjadi jagoan Indonesia untuk diajukan dalam kategori Film Asing Terbaik di Academy Awards 2017 lalu.

Dalam sebuah acara pemberantasan minuman keras pada Mei 2017 lalu, Tio sempat mengenang ia pernah terjerat narkoba selama 15 tahun.

Kala itu, Tio mengakui bahwa melepaskan diri dari narkoba membuat dirinya kembali merasa lebih ringan, cerah, dan senang dalam menghadapi kehidupan.

Pun, Tio mengakui bahwa ia menjalani rehabilitasi sejak 2016 lalu. Ia menyebut telah berhasil menghentikan ketertarikan dan keterikatan dengan narkoba.

“Bayangkan Pak, saya 15 tahun kehilangan banyak hal. Saya mengkonsumsi narkoba 15 tahun. Kalau saya sesalkan tiap hari, tak ada gunanya juga. Saya mungkin lihat masa depan saja, ingin lebih baik,” kata dia, seperti dilansir dari Detik.