Press "Enter" to skip to content

Teresa Teng, Penyanyi Taiwan Yang Populer Hingga Indonesia

Teresa Teng menjadi tema Google Doodle hari ini (29/01/2018). Dia digambarkan sedang menyanyi dengan latar belakang bulan purnama dan rumah-rumah pedesaaan. Siapakah dia?

Teresa Teng adalah penyanyi asal Taiwan yang populer di tahun 1970 – 1980. Dia dilahirkan pada hari ini, 29 Januari, pada tahun 1953. Musiknya yang melankolis menjadikannya penyanyi asing paling terkenal di China, apalagi setelah negara ini membuka diri terhadap produk asing di akhir tahun 70-an.

Hebatnya, Teng tak cuma menyanyi dalam bahasa Mandarin, Canton, atau Hokkian, tapi juga menyanyikan lagu-lagu romantis dalam bahasa Vietnam, Jepang, Indonesia, dan Inggris, sehingga popularitasnya menyebar hampir di seluruh penjuru Asia Timur, termasuk Jepang, Indonesia, Singapura, dan Malaysia.

Lagu-lagu yang dinyanyikannya dalam bahasa Indonesia, antara lain: Dayung Sampan, Cinta Suci, Sekuntum Mawar Merah, dan Selamat Jalan Kekasih.

Teng adalah putri seorang prajurit China yang memilih untuk hengkang ke Taiwan setelah masa revolusi. Teng memenangkan kompetisi menyanyi anak-anak pada usia 12, dan membuat album pertamanya di usia 16.

Pada tahun 1970, dengan dana dari para fans-nya, dia tampil di Hong Kong. Dalam dua tahun berikutnya, dia menjadi salah satu artis papan atas di negara koloni Inggris tersebut.

Teng meninggal dunia secara tiba-tiba pada 8 Mei 1995, saat dia berlibur di Chiang Mai, Thailand. Umurnya saat itu adalah 40 tahun. Dia dilaporkan meninggal setelah serangan asma.